Kecakapan Matematika

Kegiatan bermatematika siswaMatematika sebagai sarana pembentukan pola pikir siswa dapat diukur dari kemampuan atau kecakapannya (Mathematical Proficienncy). Rumusan kemampuan dan kecakapan matematika adalah sebagai berikut:

1.  Conceptual Understanding, yaitu kemencakupan konsep, operasi dan relasi dalam matematika yang dimiliki siswa.

2. Procedural Fluency, yaitu kemahiran siswa dalam menggunakan prosedur secara fleksibel, akurat, efisien, dan tepat.

3. Strategic Competence, yaitu kemahiran atau kemampuian siswa untuk merumuskan, menyajikan, serta memecahkan masalah-masalah matematika.

4. Adaptive Reasoning, yaitu kapasitas untuk memperkirakan, mereflkesikan, menjelaskan, dan menilai matematika.

5. Productive Disposition, yaitu kebiasaan siswa yang cevderung melihat matematika sebagai sesuatu yang masuk akal, berguna, dan berharga bersamaan dengan kepercayaan mereka terhadap ketekunan dan keberhasilan dirinya sendiri dalam matematika.

Sumber:

Kllpatrick et al (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: