Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Menggunakan Tabel

P1250017Kita sering dihadapkan pada soal-soal matematika bentuk pemecahan masalah. Bentuk soal pemecahan masalah merupakan soal yang tidak rutin. Hal inilah yang menyebabkan kita sering kesulitan dalam menyelesaikan soal bentuk pemecahan masalah.
Banyak strategi pemecahan masalah yang sering digunakan, salah satunya menggunakan strategi membuat tabel. Berikut ini contoh strategi penggunaan tabel dalam menyeleaikan soal pemecahan masalah matematika.
Contoh 1
Sepuluh tahun yang lalu umur Ghazi adalah empat kali umur Fira. Tahun ini umur Ghazi dua kali umur Fira. Berapakah umur mereka masing-masing pada tahun ini?

Alternatif penyelesaian:
Pada soal ini yang ditanyakan adalah umur Ghazi dan Fira. Kita misalkan umur Fira adalah x. Soal ini dapat diselesaikan dengan bantuan tabel sebagai berikut:

Tabel tersebut sangat membantu kita dalam memahami soal. Karena 10 tahun yang lalu umur Ghazi empat kali umur Fira, selanjutnya kita bentuk persamaan berikut:
4(x – 10) = 2x –10
4x – 40 = 2x –10
4x – 2x = -10 + 40
2x = 30
x = 15
dengan demikian tahun ini umur Ghazi 30 tahun dan umur Fira 15 tahun. (sepuluh tahun yang lalu umur Ghazi 20 tahun dan umur Fira 5 tahun).

Contoh 2
Yessy memerluRUANG KELAS 3kan waktu tiga jam lebih lama untuk mengecat pagar dibandingkan Mira. Ketika bekerja bersama, keduanya dapat mengecat pagar dalam waktu dua jam. Berapa waktu yang diperlukan Yessy dan Mita untuk mengecat pagar jika keduanya bekerja sendiri-sendiri?

Alternatif Penyelesaian
Kita misalkan x untuk mewakili waktu yang diperlukan Mita untuk bekerja sendiri, sehingga kecepatan kerja Mita adalah 1/x pekerjaan/jam. Selanjutnya x + 3 menyatakan waktu yang diperlukan Yessy untuk bekerja sendiri, sehingga kecepatan kerja Yessy adalah 1/(x+3) pekerjaan/jam. Selanjutnya kita buat tabel berikut:
Kec. Kerja (k)        Waktu Kerja(w)            Pkrjn yg Dslikn(k x w)
Mita          1/x pekerjaan/jam.              2jam                      2 ( 1/( x) ) pekerjaan
Yessy        1/(x+3) pekerjaan/jam      2 jam                2 (1/(x+3) ) pekerjaan

Kemudian kita bentuk persamaan yang menyatakan kedua anak tersebut menyelesaikan pekerjaan bersama-sama.
2(1/x)+2(1/(x+3))=1
⇔                              (2/x)+(2/(x+3))=1
⇔ x(x+3)(2/x)+x(x+3)(2/(x+3))=x(x+3)1

⇔2x+6+2x= x^2+ 3x

x= 3 atau x = -2

Nilai x = -2 tidak dapat digunakan karena x mewakili lamanya waktu. Dengan demikian Mita memerlukan waktu 3 jam untuk mengecat pagar, sedangkan Yessy memerlukan waktu 6 jam.

Sumber:

Paket Penggemar Matematika, Wiworo(2004)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: